BREAKING NEWS
loading...
loading...

Monday 18 May 2015

Mengulas Kelemahan dan Kelebihan Sepeda Motor Vega ZR Menurut Pengalaman Pribadi

Yamaha Vega ZR mulai banyak berkeliaran menjelajahi jalanan Indonesia semenjak tahun 2009. Sepeda motor ini lahir sebagai adik kandung dari New Vega R yang sudah lebih dulu dicintai para pemiliknya karena terkenal dengan kehandalan mesinnya. Dari kabar kehandalan mesin sang kakak New Vega R itulah banyak dari pengguna sepeda motor bebek yang menginginkan sepeda motor yang kencang dan irit melirik sang adik yang baru lahir Vega ZR ini.

Walaupun pada awalnya banyak yang kecewa dengan tampilan Yamaha Vega ZR keluaran awal dengan mika lampu sign yang berwarna kuning, namun penjualannya tetap stabil dan Yamaha langsung merespon dengan memperbaiki penampilan mika lampu sign dengan mengeluarkan seri baru Vega ZR dengan mika lampu sign bening.


Dengan penampilan barunya, sedikit banyak mulai membuat banyak orang melirik sepeda motor bebek 113,7 cc ini, termasuk saya ketika itu. Di tahun 2010 sebagai lulusan SMK yang baru memiliki pekerjaan, mempunyai sepeda motor merupakan impian semenjak sekolah dahulu. Walaupun dengan cara mencicil ketika itu dan tentunya sudah lama lunas ketika saya menulis artikel ini, akhirnya sepeda motor ini lah yang selama lima tahun ini menemani saya kemanapun saya pergi. Di usia nya yang ke lima ini, Vega ZR putih saya ini sudah menempuh jarak kurang lebih 84000 km di odometer (walaupun sempat mati untuk beberapa bulan karena kabel speedometer yang putus).



Dari jarak sekian ribu kilometer yang telah saya habiskan bersama motor ini, ada banyak sekali pengalaman yang bisa saya dapatkan ketika menunggangi kuda besi ini. Mulai dari pengalaman menyenangkan maupun menyedihkan yang tentunya tidak akan muat jika saya tuliskan hanya dalam satu artikel ini saja. Untuk itu saya hanya akan mengulas tentang beberapa kelebihan dan kekurangan dari sepeda motor Yamaha Vega ZR ini menurut pengalaman saya selama lima tahun mengendarai Yamaha Vega ZR ini. Sebagai informasi saya tidak mengubah setelan mesin apapun dari Vega ZR saya ini, semuanya masih sesuai standar pabrikan, kecuali mungkin penggantian ukuran piston (bore up) setelah Service Besar di kilometer 82000

KELEMAHAN YAMAHA VEGA ZR
Sebagai awalan, mungkin sebaiknya kita bahas kelemahan Yamaha Vega ZR terlebih dulu. Selama lima tahun mengendarai sepeda motor ini, mungkin inilah beberapa kelemahan yang saya rasakan dari sepeda motor ini. Bisa saja terjadi perbedaan dengan sesama pemilik Vega ZR lainnya, sekali lagi ini hanya share pengalaman pribadi

Cone Stir Mudak Oblak
Ini adalah hal yang pertama kali mengganggu saya. cone stir Yamaha Vega ZR saya sudah mulai oblak kurang dari setahun dari pembelian. Cone Stir yang rusak mempengaruhi handling dan terasa oblak di stang ketika melewati jalanan tidak rata. Memang saya sering mengendarai Vega ZR ini melewati jalanan yang rusak dan memang kenyataannya semua jalanan di Indonesia banyak yang rusak. Dengan kondisi ini  selama lima tahun saya sudah 3 kali mengganti cone stir Vega ZR saya dan kesemuanya menggunakan sparepart original pabrikan Yamaha. Walaupun menggunakan part original tetap saja cone stir saya mudah oblak walaupun sering dikencangkan kembali. Setelah itu kembali oblak dan akhirnya selalu pecah.

Cone Stir via iwanbanaran.com
Selidik punya selidik ternyata hampir semua sepeda motor Yamaha memiliki masalah yang sama, yakni cone stir mudah rusak. Mungkin ini dikarenakan shock depan Yamaha yang keras, karena setelah diakali dengan mengurangi volume oli di shock depan agar shock sedikit empuk, cone stir saya sekarang lebih awet dan belum terasa oblak semenjak saya mengubah shock depan agar sedikit empuk.

Rantai Mudah Kendor
Satu lagi yang saya rasakan sebagai kelemahan dari Vega ZR adalah part Rantai dari pabrikan yang terasa mudah kendor. Ini saya rasakan terutama ketika pemakaian awal. 

Baru beberapa hari dipakai, rantai sudah kendor dan minta dikencangkan kembali. Akhirnya sparepart ini melar walaupun kondisi gear set masih bagus. Niatnya saya mau potong, namun karena takut resiko putus rantai di jalan, akhirnya saya ganti saja semua part gearset dengan merk lain. Alhamdulillah Gear Set dari merk lain lebih tahan dan awet, tidak mudah kendor. Ini lah yang mengherankan kenapa kualitas Rantai Original Yamaha Vega ZR kurang baik alias mudah kendor.

Kopling Lemah
Saya yakin banyak pemakai Vega ZR merasakan hal ini. Kopling Yamaha Vega ZR yang memakai sistem diafragma membuat tarikan Vega ZR terasa kurang responsif, kurang nendang. Kopling serasa tidak mampu menyalurkan tenaga besar dari mesin. Akibatnya tarikan terasa berat dan lamban, terutama ketika memakai premium, ketika berboncengan dan ketika melewati jalanan menanjak. Yamaha Vega ZR ini serasa kalah ditanjakan karena kopling kurang kuat mencengkeram. 

Ini juga yang saya rasakan selama ini, tarikan Vega ZR sering kalah di awal dan di tanjakan karena masalah kopling. Untuk itu banyak penunggang Vega ZR ramai-ramai mengganti kopling otomatisnya dengan kopling manual agar tarikan lebih nampol. Namun saya tidak ikut latah, bagaimanapun juga sepeda motor yang diciptakan dan didesign untuk kopling otomatis tidak akan bisa menyamai kondisi seperti sepeda motor kopling manual walaupun dipasangi dan distel seperti apapun. Pasti kondisinya tidak akan sesempurna dan seawet sepeda motor yang memang dari awal menggunakan kopling manual. Untuk itu saya bisa katakan kalau masalah kopling lemah adalah kelemahan bawaan Vega ZR.

Ring Piston Lemah
Ini baru saya ketahui setelah Yamaha Vega ZR saya harus turun mesin di usia yang ke lima tahun. Saya merasa heran dengan kondisi perawatan yang rasa rasa optimal, penggantian oli setiap satu bulan sekali dan tidak pernah lewat dari 2000 km, namun saya lihat setelah bagian depan mesin dibuka, kondisi piston dan boring yang hangus dan baret di mana-mana. Ring piston nampak sudah rusak dan membuat kerak banyak menempel di kepala piston dan klep. 

Dari keterangan si Montir yang saya percaya berpengalaman karena memiliki pengalaman 10 tahun dengan berbagai sertifikat pelatihan dari berbagai pabrikan motor, beliau sering menemukan kasus Vega ZR yang pistonnya hangus dan baret seperti ini, bahkan ada yang baru berumur 2 tahun harus sudah turun mesin. Ia menjelaskan jika kelemahan dari Vega ZR ada di ring piston yang lemah. Ring piston Vega ZR terutama keluaran awal tidak mampu menahan oli sehingga bisa masuk ke ruang bakar walaupun umur mesin masih terbilang baru. Inilah yang menyebabkan banyak kasus Vega ZR mudah berkurang olinya dan juga sering keluar asap putih di knalpot walaupun tidak sering. Dari kasus seperti ini beliau menyarankan untuk selalu cek kondisi oli jangan sampai berkurang dan jangan sampai dibiarkan lebih dari satu bulan tidak diganti. Motor saya pun yang satu bulan sekali ganti oli hanya mampu bertahan 5 tahun (82000 km ) apalagi jika lebih dari satu bulan baru ganti oli, mungkin umur mesinnya bisa kurang dari 5 tahun. Siap-siap saja merogoh dana diatas 500 ribu untuk membuat kondisi mesin bagian head Vega ZR kembali prima.

Saat Dingin, Mesin Susah Hidup
Ini termasuk yang sering saya dengar tentang keluhan Vega ZR, yakni mesin susah dihidupkan terutama saat mesin masih dingin di pagi hari atau ketika lama tidak dinyalakan. Memang hal ini pun pernah saya alami. Saya pernah merasakan jengkelnya menyalakan Vega ZR saya yang tidak mau hidup sekalipun sudah diengkol, di choke, distarter berulang kali tetap tidak mau hidup. Menurut pengalaman saya, kasus susah dihidupkan ini biasanya terjadi akibat dari sistem bahan bakar di karburator. Bisa karena karburator kotor, selang saluran udara yang mengalami kebocoran, stelan karburator yang tidak tepat (terlalu irit), hingga yang terakhir ketika motor saya mengalami kebocoran kompresi akibat klep bocor dan ringpiston yang sudah lemah.

Pengalaman mesin Vega ZR yang susah dihidupkan sebagian sudah saya tuangkan di artikel Vega ZR Susah Hidup?! Mungkin Ini PenyebabnyaMemang ini banyak dialami dan dikeluhkan oleh pengguna Vega ZR, namun penyakit ini tidak selalu menetap. Terkadang dengan perbaikan yang tepat, kasus mesin Vega ZR susah hidup ini bisa hilang

KELEBIHAN VEGA ZR
Setelah mengulas mengenai kelemahan Vega ZR menurut apa yang saya alami selama ini, sekarang kita ulas satu persatu apa saja yang menjadi kelebihan dari Yamaha Vega ZR ini.

Irit Bahan Bakar
Sudah menjadi rahasia umum jika sepeda motor bebek memiliki konsumsi bahan bakar yang sangat irit. Ini juga yang menjadi kelebihan Vega ZR, motor ini memiliki konsumsi bahan bakar yang sangat efisien. Saya pernah mendapati konsumsi sepeda motor Vega ZR saya mencapai 60 km/liter PERTAMAX ketika menempuh perjalanan Bandung- Singaparna, kab. Tasikmalaya dengan saya sebagai rider dengan bobot sekitar 50 kg dan kondisi jalanan lancar.

Sebagai patokan, sebuah mesin sepeda motor bebek bisa dikatakan irit ketika konsumsi bahan bakarnya tidak kurang dari 50km/liter. Dengan kompresi mesin 9,3 : 1 maka konsumsi pertamax akan membuat performa mesin Vega ZR ini makin mantap. Jika memang bisa, gunakanlah selalu BBM non subsidi untuk Vega ZR anda.

Perawatan Yang Mudah
Bagi anda yang sudah mengenal sepeda motor bebek, tentu hapal bagaimana mudahnya merawat sepeda motor bebek. Ini juga yang menjadi kelebihan dari Vega ZR ini, perawatan paling minim yang utama cukup dengan mengganti oli secara rutin dan menjaga Vega ZR tetap bersih. Sisanya adalah dengan menjaga stelan karbu dan kondisi karburator tetap bersih. Bagi anda yang hobi otak atik, anda bisa membersihkan dan menyetel ulang sendiri karburator Vega ZR di rumah, sehingga bisa dikatakan anda bisa menghemat biaya service Vega ZR anda.

Selain service, penggantian sparepart juga sangat mudah dilakukan. Kita tahu bahwa peralatan untuk membongkar sepeda motor ini begitu mudah didapat. Jadi untuk sekedar mengganti kampas rem, ganti oli, dan sparepart lainnya saya rasa sangat mudah dilakukan sendiri. Ini sangat berbeda dengan sepeda motor teknologi terbaru yang mengusung sistem Injeksi dimana untuk melakukan service kita harus mengeluarkan biaya yang cukup mahal dan tidak bisa sembarangan bengkel melakukannya.

Harga Sparepart Murah dan Mudah Didapat
Sepeda motor keluaran Yamaha ini termasuk sepeda motor yang memiliki sparepart yang mudah didapat karena bisa disubstitusi (ditukar) dengan sparepart dari sepeda motor merk lain ataupun sejenisnya. Selain mudah didapat harganya pun sangat murah dibandingkan dengan jenis sepeda motor lain terutama matic dan sport. Bagi anda yang mengutamakan efisiensi dan ekonomis, Vega ZR bisa diandalkan.

Handling dan Posisi Riding yang Nyaman
Untuk penggunaan harian, sepeda motor Vega ZR ini termasuk sepeda motor yang nyaman digunakan. Bobotnya yang ringan, handling yang nyaman membuat anda tidak mudah lelah ketika menggunakan sepeda motor ini diperkotaan. Jika sesekali dibawa touring ke luar kota pun, sepeda motor ini tidak rewel dan tetap nyaman digunakan dijalanan lurus ataupun berbelok-belok. Hanya saja karakter suspensi Yamaha yang agak keras membuat sepeda motor ini kurang nyaman jika melewati jalanan yang tidak rata. Sebagai solusinya anda bisa mengganti suspensinya dengan yang lebih empuk.

Top Speed 105 km/jam (lumayan)
Dari pengalaman saya mengendarai sepeda motor Vega ZR ini, top speed yang bisa diraih hanya mencapai 105km/jam dan tidak bisa naik lagi. Mungkin ini pengaruh limiter di CDI karena walaupun dipaksa gaspol, jarum speedometer tidak bisa beranjak dari angka 100km lebih. Dengan kapasitas mesin yang hanya 113,7 cc top speed ini bisa dikatakan lumayan untuk sepeda motor sekelas bebek.

Torsi Besar di RPM Rendah
Anda yang sudah pernah mengendarai Vega ZR pasti tau bagaimana torsi mesin Vega ZR ini di putaran bawah. Ketika diajak berakselerasi, tenaga yang dihasilkan cenderung berisi dan merata di gigi 1, 2, dan 3 dengan nafas yang panjang. Bahkan gigi 3 masih bisa membuat motor melaju hingga 90km/jam. Selebihnya gigi 4 hanya sebagai penyeimbang putaran mesin agar tidak terlalu tinggi. Ini disebabkan karakter mesin Vega ZR yang over stroke sehingga memiliki nafas panjang. Sangat cocok digunakan di jalanan perkotaan.

Kualitas Body Mantap dan Tidak Bergetar
Berbeda dari merk sepeda Motor lain yang terkenal dengan body plastik yang mudah bergetar dan oblak, untuk Yamaha Vega ZR ini saya bisa katakan kualitas bodynya bagus. Menurut pengalaman saya, body motor Vega ZR saya ini masih terasa seperti baru, cat tidak mudah pudar, bentuk tetap kokoh dan tidak mudah bergetar walaupun sudah berumur 5 tahun dan setiap hari diparkir di tempat terbuka.

Satu hal yang perlu diperhatikan untuk membuat kualitas body sepeda motor VEga ZR tetap bagus adalah rajin mencuci sepeda motor dan hindari mengelap body motor dengan sembarangan lap. Gunakan lap khusus yang lembut agar lapisan coating dan clear body Vega ZR tetap terjaga dan tetap terlihat seperti baru


Share this:

38 comments :

  1. terima kasih kak... atas informasinya, saya juga pecinta Yamaha, Vega ZR 2013. salam kenal dr Arema kak :)
    kak.. dari artikel kakak diatas ada beberapa masalah yang sering sy alami yaitu saat tanjakan naik, berat sekali motor sy saat tanjakan, dr awal smpai tanjakan hanya gear 1. mohon petunjuk kak untuk referensinya mengatasi hal tersebut. terima kasih.
    hafidz-fti.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. Terima kasih untuk reviewnya...

    Sejak lama saya ingin membeli Vega ZR, tapi banyak teman saya yang menganggap Vega ZR rewel dan banyak masalah. Namun, keinginan ini masih saja menggebu-gebu sampai akhirnya saya memberanikan diri membeli Vega ZR 2009 siang tadi...

    Salam kenal...

    ReplyDelete
  3. vega zr emang tarikannya lumayan
    q pernah coba

    ReplyDelete
  4. Hi! Saya juga memiliki VZR 2010, masih awet dan cukup puas. Betul cone steeringnya cepat rusak, kl mesin, saya cukup puas.. Saya pakai untuk sehari-hari dengan ganti Oli tiap 3 bulan awet!
    Stripingnya aja rada norak ya? :D
    Tanjakan cukup bandel setelah saya ganti gear blkng dgn 42

    ReplyDelete
  5. thanks gan buat infonya. akbarinformasi.blogspot.com

    ReplyDelete
  6. Kak mau nanya, itu td mslh conestir dikurangi berapa ml ya oli nya?

    ReplyDelete
  7. punya sy tahun 2011... udah 500rb km lebih.
    bolak balik Bandung Nagreg, sampe Cikampek.
    ... ga ada masalah d mesin. ganti oli 2 bulan sekali.
    ... permasalahannya di cone steering aja.

    ReplyDelete
  8. gan oli yang bagus buat vega zr 2009 (udah turun mesin 2x) apa?? sebelumnya pake top1 (cepet abis)

    ReplyDelete
  9. gan oli yang bagus buat vega zr 2009 (udah turun mesin 2x) apa?? sebelumnya pake top 1 (cepet menguap)

    ReplyDelete
  10. TOp speed nya lebih dari 105 km/h boss ane beban 87kg bisa 116 kok

    ReplyDelete
  11. rata² bener, tarikan berat mungkin krn kanvas kopling cuman 2 biji, susah nyala ketika dingin atau lama tdk digunakan. tp setelah 5 tahun baru ngrasain stir agak oblak sekarang

    ReplyDelete
  12. Ane baru turun mesin... Abis Rp 2.180.000

    ReplyDelete
  13. ko saya malah sering liat vega zr lebih handal ditanjakan dibanding motor saya, malah saya pernah bareng dengan kawan yg pengguna Zr saya selalu ketinggalan ditanjakan.


    ring piston lemah, apakah sering telat ganti filter oli boss? cz new smash temanku sehernya kena karna telat ganti filter oli, walaupun ganti oli sudah rutin.

    ReplyDelete
  14. saya punya ZR thun 2011
    enth kenapa punya saya awalnya aja irit banget sampek 1:55km
    tapi sekarang setelah 5 thun ini boros, mesin sudah perna turun 3x
    terakir ini ganti ringpiston dan pistonnya,
    apa kalbulator sudah sowak ?
    ada yang punya solusi agar tidak boros ?
    karena settinganya selalu berebet, apa mungkin ada kerusakan di dalam kalbulator/
    mohon solusinya

    ReplyDelete
  15. sya punya zr th 2011
    awalnya aja dulu irit banget
    tpi setelah 3-5 thun ini. borosnya mulai kelihatan
    ada sulisi ?

    ReplyDelete
  16. saya juga memakai vega zr 2010 sudah 6th saya pakai vega ini n masalah mesin memang bandel dari awal beli sampai sekarang mesin motor tidak ada masalah apapun padahal motor sering dibawa touring.

    ReplyDelete
  17. vega zr memang mesinnya bandel

    ReplyDelete
  18. Pengalaman yg menarik, Semuanya fakta dan tidak ada yg dilebih/dikurangi...

    Gan, Lampu Vega ZR saya koq nyala mulu yaa walau pun tombol sudah di Posisi Off?

    ReplyDelete
  19. Sekedar tambahan aja buat kelemahan Vega ZR
    Punya saya Vega ZR keluaran 2010
    Saya pernah ganti block cop Vega ZR gara" telat ganti oli, awalnya cuma berasap putih seperti piston yang rusak
    Ternyata knoken'ny kena (kalah)
    karena pada knoken vega ZR tidak memakai bearing tapi langsung pada besi head hanya saja (berupa lobang untuk mengganjel knoken) seperti bos"an yang hanya di lapisi sil karet seperti cincin yang melingkar pada knoken. Akibat dari itu sil menjadi aus karena tidak mendapat oli sebagai pelumas, akhirnya sil rusak & terjadi gesekan antara knoken dan head yang berupa lobang. Akhirnya banyak rontokan gram dri pergesekan itu & menjalar ke piston, kruk as & bagian itu semua yang membuat baret

    solusi'ny jangan ganti block kop Vega ZR lagi, tpi ganti pake block kop jupiter Z yg lampu belakang'ny seperti arah panah. Kalo mau tetep pake block kop vega ZR, isi'ny oli 1 liter jangan 800ml agar sil pada knoken tetap terkena pelumas dari oli

    ReplyDelete
  20. Sekedar tambahan aja buat kelemahan Vega ZR
    Punya saya Vega ZR keluaran 2010
    Saya pernah ganti block cop Vega ZR gara" telat ganti oli, awalnya cuma berasap putih seperti piston yang rusak
    Ternyata knoken'ny kena (kalah)
    karena pada knoken vega ZR tidak memakai bearing tapi langsung pada besi head hanya saja (berupa lobang untuk mengganjel knoken) seperti bos"an yang hanya di lapisi sil karet seperti cincin yang melingkar pada knoken. Akibat dari itu sil menjadi aus karena tidak mendapat oli sebagai pelumas, akhirnya sil rusak & terjadi gesekan antara knoken dan head yang berupa lobang. Akhirnya banyak rontokan gram dri pergesekan itu & menjalar ke piston, kruk as & bagian itu semua yang membuat baret

    solusi'ny jangan ganti block kop Vega ZR lagi, tpi ganti pake block kop jupiter Z yg lampu belakang'ny seperti arah panah. Kalo mau tetep pake block kop vega ZR, isi'ny oli 1 liter jangan 800ml agar sil pada knoken tetap terkena pelumas dari oli

    ReplyDelete
  21. Sekedar tambahan aja buat kelemahan Vega ZR
    Punya saya Vega ZR keluaran 2010
    Saya pernah ganti block cop Vega ZR gara" telat ganti oli, awalnya cuma berasap putih seperti piston yang rusak
    Ternyata knoken'ny kena (kalah)
    karena pada knoken vega ZR tidak memakai bearing tapi langsung pada besi head hanya saja (berupa lobang untuk mengganjel knoken) seperti bos"an yang hanya di lapisi sil karet seperti cincin yang melingkar pada knoken. Akibat dari itu sil menjadi aus karena tidak mendapat oli sebagai pelumas, akhirnya sil rusak & terjadi gesekan antara knoken dan head yang berupa lobang. Akhirnya banyak rontokan gram dri pergesekan itu & menjalar ke piston, kruk as & bagian itu semua yang membuat baret

    solusi'ny jangan ganti block kop Vega ZR lagi, tpi ganti pake block kop jupiter Z yg lampu belakang'ny seperti arah panah. Kalo mau tetep pake block kop vega ZR, isi'ny oli 1 liter jangan 800ml agar sil pada knoken tetap terkena pelumas dari oli

    ReplyDelete
  22. Salah satu motor yang cukup handal nih kalo menurut ane

    ReplyDelete
  23. manteb bang.
    saya asli Jawa Tengah.
    saya pengendara Vega zr dr thn 2011 sampai sekarang 2017.
    Alhamdulillah sampai sekarang keadaan motor sangat masih baik,
    dengan usia motor yang sudah lebih dari 5 tahun, saya sendiri belum pernah turun mesin, KM sendiri mencapai 83000 kurang lebihnya. untuk oli 2bulan sekali baru ganti, dan untuk bahan bakar bisa tembus 60-70 km /ltr dengan kecepatan rata" 60-70 km perjam. unt top speed emang aga lelet supaya dapat speed puncak dg trek datar lurus dan panjang maksimal 110 km/jm, itupun sangat lama unt bias dpt speed segitu.
    sebagai informasi
    Vega zr keluaran 2011 saya
    masih dg mesin standar pabrikan, karena servis rutin 2bulan seklai juga di bengkel resmi Yamaha.
    untuk oli saya menggunakan endure, dan alhamdullillah blm pernah mengalami kekurangan oli pd mesin.
    tipe pengendara santai karena sudah 8 bulan ini suka di bawa jarak jauh minim sehari 121km. penggantian gear set baru 3x
    penggantian cone stir baru sekali.
    kesimpulan:
    mungkin disini untuk perawatan, jenis pengendara dan jenis jalan yang sering dilalui sangat berpengaruh

    ReplyDelete
  24. Ane punya tahun 2012, beli second baru pake beberapa bulan udah rusak harus turun mesin, ane korter OS 50 tapi cm beberapa bulan rusak lagi, ane ganti blok piston sama pistonya 1 set, sampe sekarang masih OK, tenaganya lumayan jago dengan top speed agak diturunin karena ane kecilin gir depannya pake punya Jupiter Z1 gir no. 14 (orinya kan no. 15). Oli pake Shell AX5 15W-40 API SL periode ganti oli 2500 km. Kalau pake gir bawaannya no. 15 Top speed masih bisa lari hampir 115 kpj, pas ganti gir no. 14 agak turun di 110 kpj. Performa sih cukup oke sesuai budget doi yang pengen ekonomis.. Hahahaha
    Udah pernah ane bawa Bogor-Ujung Genteng sama Bogor-Ciwaru Sukabumi dan memuaskan!

    ReplyDelete
    Replies
    1. yoi, doi emang irit dari bahan bakar sama perawatan..
      cuman memang sesekali agak rewel aja ya bro..

      tp dibawa jauh sih lumayan lah

      Delete
  25. Dari setting klep aj udh cukup,klo mau irit kerenggangan di set normal, klo mau kenceng klep in di set rapat, konsekwensinya kalo pagi susah start.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo sering rusak di noken tu apa masih bisa diperbaik tempat noken as nya itu

      Delete
    2. betul, nyusahin klo dah pagi2 susah nyala, apalagi daerah dingin..

      noken as sering rusak mungkin karena sering dibawa rpm tinggi

      Delete
  26. Salam gan, ane pengguna vega zr dari tahun pertama dia dilahirin

    ReplyDelete
    Replies
    1. mantap, 2009 ya?

      yg sign nya masih warna kuning dong?

      Delete
  27. Terimakasih bang buat artikelnya yang saya rasa cukup komplit, setelah membaca kelebihan dan kekurangan saya jadi lebih faham, soalnya saya mau beli motor vega ZR second hand, tapi masih agak ragu berhubung belum tahu masalah motor ini, lagian budget saya terbatas utk beli yang baru. Sekali lagi terimakasih, sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  28. Nunpang tanya mas" saya punya vega zrsuda ganti noken 2.kali.ternyata yang rusak disebelah kanan noken sekeng alias beset" yg gk ada klaker nya itu mohoh infonya apakan harus ganti silender ato bisa di bubut mohon penjelasan nya

    ReplyDelete
  29. Noken as cepet rusak di sebelah kanan yg gak ad klaker nya tu sekeng beset beset sudah 2.kali saya ganti noken as.mohon penjelasan nya apa harus ganti silender apa masih bisa di bubut

    ReplyDelete
  30. Saya punya vega zr:tolong info nya mas".begini saya udah ganti noken 2.kali yang rusak bukan klaker nya malah yang beset ato sekeng tambah tipis di sebelah kanan noken yang gak ad klaker nya itu di makan silender apakah harus ganti silender ato masih bisa di perbaiki di tukang bubut tolong info nya

    ReplyDelete
  31. Nunpang tanya mas" saya punya vega zrsuda ganti noken 2.kali.ternyata yang rusak disebelah kanan noken sekeng alias beset" yg gk ada klaker nya itu mohoh infonya apakan harus ganti silender ato bisa di bubut mohon penjelasan nya

    ReplyDelete

loading...
 
Copyright © 2014 Rasendriya Bercerita. Designed by OddThemes